Halaman

Selasa, 27 Maret 2012

Komposisi Cat Mobil

Cat dapat diartikan sebagai campuran bahan cair yang diproses secara kimia.
Pembuatan cat dengan komposisi cat yaitu , Pelarut, Binder, Extender, Pigmen, dan Aditif.Jika diaplikasikan pada permukaan solid/bidang tertentu, cat akan mengering dan membentuk “lapisan kulit” berwarna yang bersifat menyatu dengan benda tersebut.

Fungsi dari catitu sendiri adalah melindungi bidang yang dicat dan memberikan unsur keindahan atau estetika.


Fungsi Cat :


1.Fungsi Protektif adalah melindungi dari pengaruh cuaca, karat , dan korosi.


2.Fungsi Dekoratif yaitu, akan timbul pada saat kita melakukan kombinasi warna cat. Kombinasi tersebut sangat menentukan keindahan dan keserasian hasil dari pengecatan.


Komposisi Cat


Sesuai dengan fungsinya komposisi cat dapat digolongkan dalam 5 kelompok, yaitu :

1.Binder (Bahan Pengikat ) bahan yang berbentuk cair yang berfungsi membawa bahan bahan lain yang berbentuk padat melekat pada bidang yang dicat.

2.Pigmen (Bahan Pewarnaan) yaitu bahan padat yang memiliki warna tertentu serta memiliki sifat tidak tembus cahaya. Fungsi dalam cat adalah untuk memberikan pilihan warna tertentu dan menahan masuknya warna dari luar maupun dari dalam bahan yang dicat.Kriteria sifat mutlak pigment adalah


  •  tidak tembus cahaya untuk menjamin daya tutup
  •  inert,untuk menjadi stabilitas dan membuat umur lapisan lebih panjang
  •  mempunyai kemampuan untuk bercampur dengan konstituen-konstituen  membentuk lapisan penutup.
3.Extender (Bahan Pengisi) yaitu bahan padat yang berwarna putih,bersifat relatif transparan dalam medium minyak dan tidak dapat larut.

4.Solvent dan Thinner (Bahan Pelarut dan Pengencer) yaitu bahan yang mudah menguap,berfungsi untuk melarutkan bahan pengikat dan beberapa bahan pembantu agar dapat dicampur satu dengan yang lainya.

5.Aditif (Bahan Tambahan) yaitu bahan yang berfungsi memberikan sifat-sifat khusus yang dikehendaki dari cat itu sendiri.
additiv metalic mutiara akan membuat warna solid terlihat lebih modif dengan mencampur warna mutiara tertentu ke warna solid, yang mana akan menimbulkan efek warna yang lain apabila dilihat dari berbagai sudut yang berbeda.
Seperti contoh; apabila warna mobil atau motor dilihat langsung dari depan akan tampak berwarna orange, mungkin akan tampak berwarna violet muda apabila dilihat dari posisi sudut yang sedikit berbeda ( dari arah samping ).
Cat Mutiara atau pearlescent terbuat dari berbagai macam pigmen hingga menggunakan bahan MilaceousIronOxide ( mica ) atau almunium. Partikel super kecil ini di aplikasikan satu sisi atau dicampur ke warna solid sebelum proses clear coat atau dicampurkan ke clear coat sebelum lapisan clear yang terakhir.

Additiv Warna mutiara pearl ini bisa menjadi pilihan warna yang anda campur ke cat yang sejenis untuk menghasilkanspecial efek warna.

Tergantung pada warna mutiara / pearl yang digunakan, sudut pencahayaan, dan mana  posisi kita melihatnya yang akan menghasilkan refleksi kombinasi warna cat tertentu.

Dengan kemajuan produk cat mutiara saat ini, Pewarnaan mobil dengan menggunakan warna mutiara lebih mudah digunakan untuk proses blending warna, atau spot repair yang tidak menimbulkan perbedaan warna dari berbagai macam sudut penglihatan. Setelah aplikasi warna mutiara ini harus menggunakan clear coat untuk memberikan warna yang jelas dan tahan lamanya.


Demikian sekilas pengetahuan dari produk cat Mobil.

1 komentar:

  1. Salam gan, Saya tertarik dg artikel Anda ttg pengecatan black pearl, untuk hasil black pearl yg bagus sebaiknya campuran pearl Powder nya warna apa aja? Thx infonya ditunggu

    BalasHapus