Halaman

Rabu, 28 Maret 2012

Cara Penggunaan Epoxy ( Primer )

Apakah Primer itu ?

Primer adalah bahan yang digunakan untuk lapisan logam yang sebelumya sudah di lakukan proses persiapan tahap awal pengecatan dahulu. yaitu :



Berikut ini adalah yang termasuk primer :

Epoxy Primer

Epoxy Primer merupakan bahan untuk melindungi logam dari proses oxidasi dan bersifat tahan air.
Anda harus menggunakanya paling tidak sebanyak 1 atau 2 lapis saja.



Bengkel cat menggunakan jenis epoxy primer ini sebelum mereka menggunakan bahan lain untuk lapisan berikutnya. Dikarenakan Epoxy Primer ini Tahan terhadap air maka berfungsi juga untuk :
  1. Melindungi bahan yang terbuat dari logam dari karat 
  2. Melekat sangat bagus pada logam dan menghasilkan lapisan dasar yang sempurna untuk pengecatan.

Epoxy Surfacer

Epoxy Surfacer digunakan untuk melindungi lapisan cat dasar dari bermacam-macam bahan dan pengencer yang terdapat pada produk lapisan atas dan memberikan daya lekat yang tinggi. Epoxy Surfacer juga membantu pencapaian kesamaan warna mixing colour pada pengecatan.

Apabila anda akan mengecat diatas cat lama, sangat dianjurkan menggunakan epoxy surfacer ini. ( setelah proses pengamplasan dan degreaser terlebih dahulu )
Akan lebih penting lagi apabila anda tidak mengetahui seberapa bagusnya kualitas cat yang lama untuk ditindih atau dilakukan repaint.

Epoxy Surfacer merupakan pilihan produk yang sangat bagus pada saat anda harus menindih cat original mobil yang mana telah di finishing menggunakan pengecatan sistem oven dengan suhu extreme panas.

Lapisan cat original ini mempunyai permukaan yang sangat keras dan tahan lama. Oleh sebab itu cat baru yang akan diaplikasikan diatasnya harus bekerja keras membaur dan melekat dengan baik diatas cat original.

Menggunakan Epoxy Surfacer akan memberikan sentuhan dan perbedaan antara ala kadarnya dan kualitas pengecatan yang sempurna ( maksimal ).

Pastikan anda mendiskusikan penggunaan dan pemilihan produk jenis epoxy ini dengan bengkel anda.
Anda juga harus menggunakan panduan dan informasi cara pencampuran perbandingan epoxy yang di sarankan oleh produsen masing - masing produk.

Saat lapisan logam telah menggunakan epoxy primer, primer akan menutup lubang kecil dan guratan amplas pada permukaanya.
Pastikan anda menggunakan produk primer yang sama dari produk cat yang akan anda gunakan nantinya.

Kepadatan Primer mempunyai kemampuan menutup kekurangan pada lapisan dan memberikan lapisan yang bisa di amplas sampai benar-benar halus.

Ingatlah bahwa primer hanya digunakan untuk permukaan yang yang perlu ditutup seperti pada lubang, pori. guratan yang sangat kecil.

Untuk proses terakhir penggunaan primer ini adalah penggunaan cat dasar diatasnya yang bertujuan untuk :
  • melapisi  permukaan bahan epoxy dari proses penyerapan bahan thinner
  • Meningkatkan daya rekat ke semua produk cat yang akan diaplikasikan diatasnya.

Pastikan anda menyiapkan amplas yang cukup untuk menghaluskan primer setelah diaplikasikan. Gunakan amplas basah dan kering ukuran 800.

Epoxy Primer dan Surfacer biasanya tidak memerlukan proses pengamplasan, kecuali hasil aplikasi anda tidak rata dan tidak sempurna maka pengamplasan harus dilakukan.

Boleh juga menggungkan epoxi primer untuk menghilangkan cat lama dan keropos pada lapisan logam, Atau dengan langsung menggunakan dempul baru kemudian menggunakan epoxy primer.

Untuk pengecatan baru, idealnya permukaanya harus sudah dipersiapkan untuk ditimpa dengan cat yang baru.
Untuk panel yang tergores, anda hanya diharuskan mengisolasi ( masking ) area yang tidak diaplikasikan epoxy. Setelah proses penggunaan epoxy surfacer selesai anda dapat langsung mengecatnya. Pastikan anda mengikuti petunjuk cara pemakaian dari produk.

Apabila hanya beberapa bagian dari panel yang akan di epoxy, Pastikan anda menggunakan masking yang lebar ( kertas koran bekas ) untuk melindungi bagian lain supaya tidak terkena cipratan semprotan epoxy.

Gunakan tekanan angin yang paling kecil yang direkomendasikan produk, dan semprotkan secara perlahan pada saat menutup goresan atau luka pada spot area. Lepaskan picu semprotan spraygun segera setiap kali setelah anda melewati spot area tersebut.

1 komentar: